Rabu, 28 Januari 2009

gimana cara ngertiin orang???

asw...

wew.. saya buat postingan ini karna ada beberapa hal yang meluap-luap di pikiran saya kemaren-kemaren..

sebelumnya saya mau mengutuk diri saya dulu,
kenapa saya so' sentimentil begini...???!!!
kutukan selesai..

hiya..
okei,, sekarang saya makin menyadari kekurangan saya dalam berempati...
beberapa kali saya ngadepin kasus kaya gini dan kemaren saya jadi bener2 mikir what should i do, if this happens again.. (paduli teuing tensesna..ehe)

saat orang yg kita kenal, mau temen, sahabat, sodara, orang tua dengan tiba2 bilang atau keliatan dari gerak geriknya dia ngomong "saya lagi sedih"..
tindakan otomatis adalah nanya: "kenapa sedih?"
dan dari sinilah kebingungan muncul...
ada orang yang saat pertanyaan ini pertama kali terlontar, dia bakal langsung nyerita,
jelas, yang bakal (seharusnya) saya lakukan adalah berusaha ngederin cerita orang itu...
let me know ur sadness..

kebingungan saya dimulai pada tipe orang yang bilang "gapapa ko...".

usaha selanjutnya adalah nanya lagi, "bener ga apa-apa?"..

beberapa orang akan ada yang luluh hatinya dan ngomong "sebenernya.." atau "ga ko, cuma....", saya bakal bahagia banget ngedengernya, karna artinya dia udah percaya seengganya untuk ngomong headline dari masalahnya itu..

tapi yang buat saya bingung adalah apa yang harus saya lakukan lagi saat dia keukeuh dengan jawaban "ga ko, ga apa-apa.. beneran.." atau "apaan sih, rin,, biasa aja ko..." apalagi ditambah kalimat ketawa ga tulusnya itu...
hmmmphh.. suer,, bingung saya mah..
apa yang harus saya lakuin lagi.

saya slalu bimbang, apa saya tanya dia skali lagi, mungkin hatinya bakal kebuka dipertanyaan kesekian kalinya itu.. (saya selalu berhara kaya gitu di tiap saya nanya)..
sayangnya saya bukan orang yang persuasif..
saya pun ga kuat ngeliat orang diteken gara-gara keinginan saya.. (walopun, seengganya, niat saya ingin bantuin)

selain karena ketidakmampuan saya untuk memojokkan orang (dengan kata lain sayanya yang lemah), saya takut, malah dengan nanya2 terus, saya malah buat mud yg lagi jelek, malah bertambah jelek,, dan akhirnya niat tulus mau bantu akhirnya malah buat dia makin sakit..
argh.. harus gimana?
demi, saya tuh ingin bantu,, tapi kalau respon yang ditunjukkin seolah nampak menolak, saya takut buat ngapa2in...
akhirnya, sampai saat ini, akhir tindakan saya pada semua peristiwa yg sama ini adalah : DIAM.

saya sering dibuat keblinger, gimana cara buat orang seneng waktu dia susah,,
kalo saya bertindak kayak biasanya, secerewet biasanya, seheboh biasanya, saya takutnya malah ngebuat dia mikir :"nih orang ngeselin banget, ga liat apa orang lagi BT..ga peka banget!!"
huuu.. bukan itu maksud sayah.. pikir saya, dia bakal ikut gembira gara2 lingkungannya ga mendukung buat sedih...

terus kalo saya ikut2an sedih tanpa tau alasan yg jelas, nanti malah makin buat dia terpuruk..
"ini orang, bukannya hibur ke, ato apa lah,, ko malah sama kacaunya!!"
uh... wrong way, again...

itulah masalahnya...
dan benang merahnya adalah saya belum bisa berempati dengan baik.
saya ga ngerti isi perasaan orang lain, alhasil saya ga bisa nolongin,,,
karna saya selalu bergelut sama pikiran kusut saya,,
tentang pilihan apa yg harus diambil dan bodohnya,
hasil dari pemikiran itu adalah: mati langkah...

whoaaa.. gimana cara ngatasinnya ya???

3 komentar:

echuu mengatakan...

empati memang salah satu kualitas yang sangat tinggi dan sulit untuk dicapai.. butuh waktu neng untuk bisa berempati.

tetap semangat dan terus berkembang ya neng!

it's so amazing for me to see how you've learned many things. :)

karin-as mengatakan...

and i can't make sure, where i can get that sense,, and apply it on the right time, right people...

onety mengatakan...

ribet sich emang tapi mau ga' mau kudu bisa....
^_^?