Rabu, 18 Maret 2009

dimana hati orang2??

cuman mau berbagi cerita ringan aja.
tadi malem, skitar jam setengah dlapanan,
saya dalam perjalanan pulang dari kampus.
tepatnya saya ada di perempatan jalan juanda, yang deket bang nisp atau niaga,, lupa

saya sampei di situ dalam keadaan lampu merah, berarti saya harus nunggu dulu..
pas ijo, jalan mobil di depan saya lama banget..
tumben2an saya lagi agak sabar, jadi ga saya klaksonin, hehe
ternyata kecurigaan berbuahkan hasil,,
didepan saya, tepat sebuah mobil sedan mogok.

heum,, bingung, suer.
awalnya saya liat, ga ada orang satu pun yg berdiri disamping mobil,
ga ada yang punya, ga ad ayang terlihat bantu dorong, pokonya ga ada orang.
aneh.. apa si empunya lagi nunggu mobil derek, ataukah masih shock
jadi masih tertegun karna mobil tiba2 mati didepan zebra cross.

saya tetep terus liatin mobil itu.
ga lama, keluar laki-laki, kita sebut saja abang, paling umurnya 20-30an.
abang pake kaos dan celana kain,
tepatnya celana piyama putih dengan motif buah (tak terlihat jelas) berwarna merah.
pastilah si abang itu ga kan nyangka mobilnya bisa mogok,
pake piyama gitu....

serius, dia keluar ragu-ragu gitu..
keliatan dari geraknya yang buka-tutup-buka-tutup pintu..
pas bener2 keluar, dia agak celingukan..
dari pintu sebelah kanan, keluar seorang perempuan,
(kemungkinan istri ato kakanya, ga taulah, teu paduli, kita sebut saja emba)..

dari arah kanan, beruntung,
tiba-tiba ada bapa2 yang bawa gembolan (taksiran saya, itu hasil "kumpulan barang bekas")
si abang, minta tolong dengan sopan pada si bapak2 itu,
dan alhamdulillah, bapak2 itu bergegas menyimpan gembolannya, dan langsung menuju mobil untuk mendorongnya.
didorong oleh 3 orang, 1 perempuan dewasa, 1 bapak2 lelah, 1 abang yang juga kudu ngarahin setir..
susah, bung!!! astagfirloh,, keliatan banget beratnya...walopun cuman sedan..

saya nampak sangat ga guna dalma situasi seperti ini.
demi,, inilah artinya NYAMPAH sesungguhnya, teman, pikir saya.

jujur pisan, andai bisa, saya bantu!! serius... sungguh!! saya bantu dorongin..
tapi apa daya, saya cuman sendiri di mesin berjalan ini,,
ga ada yang bisa ngegantiin posisi saya..

arrgghh,,, no chance, man... sorry sir..
akhirnya saya cuman bisa buka jendela
dan manggil satu2nya pengamen yang lagi jalan deket mobil,
"A..A...", tapi dia ga noleh!!
argh!!!

ga mungkin dia ga tau, ada mobil mogok depan matanya!!
hei.. dimana rasa manusiawi manusia sekarang??!!
tiba2 saya langsung nyesel ngasih 200 perak sama tuh pengamen,, astagfirloh,,
(udah mah cuman 200, ga ikhlas pula,, udah bukan sedekah itu mah...)

bahkan tukang angkot aja lebih peka sama keadaan kaya gitu!!
kemungkinan besar, perasaan saya saat itu sama dengan yang dirasa mang2 angkot itu.
dia berhasil ngomong sama tuh pengamen,
sampai saya yakin bahwa si pengamen bener2 tau ada mobil mogok itu,
tapi sampei akhirnya lampu ijo nyala,
saya ga liat tuh pengamen-yang-masih-muda-dengan-badan-sehat-dan-model-baju-"gaya" ngedorong mobil si abang!
entahlah.. mungkin dia menolong saat saya udah ga liat,, smoga...

dan kekecewaan saya yang lain adalah, pada orang2 yang naik motor boncengan!!
saya tau, disitu banyak yang naek motor boncengan,,
tapi ga ada satu pun, dari yang dibonceng untuk turun bantu si abang-mba-dan-si bapak2...
banyaknya cuman nonton,,
ertrrggghh.. gemess....
smoga anda semua memiliki alasan yang cukup kuat
sehingga tidak ikut turun tangan dalam membantu orang yang kesulitan di depan mata anda...
kalo begitu saya maupun orang lain pun ga bisa menyalahkan anda..

akhirnya saya lewatin mobil mogok itu dengan bener2 rasa nyesel ga bisa bantu apa2..
maaf, bang...
apalagi saya ngebayangin, kalo saya dalam posisi abang,,,
smoga ga pernah kejadian,, amin...

hasil dari peristiwa ini adalah:
sampei rumah saya langsung nanya2 tentang cara derek mobil!!!


yang pingin saya tekanin di sini :
apa kita hanya akan menolong saat ada permintaan atau bahkan perintah,
disaat kita punya kesempatan untuk ngebantu?!
dimana rasa empati dari sekian banyak orang (termasuk saya)?
tatapan mengasihani orang yang sedang kesulitan tidak mampu memberi solusi!!!

dan kesimpulan bagi pribadi saya adalah:
saya manusia lemah yang hanya bisa merespon sesuatu dengan hati saja,,
nothing i did.. (yah, sesuai hadis, itulah level terendah dari iman...berguman dalam hati saja...)

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Hmm kalau mobil lagi mogok, risiko di kota besar memang seperti itu.
Abangnya pake piyama? Kok ga ganti pakaian yang lebih baik...rasanya udah jarang lihat orang pakai piyama kecuali mau tidur dan udah malam di rumah.

Atau mungkin ada yang sakit ya...jadi buru2 ga pake ganti baju dulu.
(Kok jadi ngomongi piyama...hehehe)

karin-as mengatakan...

iya, bu...
si abangnya pake piyama, menandakan dia nampak keluar untuk sesaat atau terburu-buru, kasian...

intinya yang mau saya tekenin di sini sebenernya, rasa empatinya dari orang sekitar, bu.. ternyata ada ya orang seperti itu,, agak kurang nyangka aja..

hehe,,, smoga saya ga kaya gitu..amin...

Anonim mengatakan...

Wah...
bisa jadi trendsetter nih..
nyetir mobil pake piyama...
wkwkwkwk..

wahyu mengatakan...

iya ya, kadang kita gak nyadar bahwa sebenarnya harus bantu tanpa harus diminta. hmmm cerita yang sangat berharga...
keputusan kamu buat di dalam mobil aja menurutku bener kok karin, jagain mobil n barang2 ...lagian kalo ikut ngedorong, kira2 bisa ngasih tambahan gaya berapa newton sih? ^^ gak signifikan juga kayaknya..hehe

karin-as mengatakan...

@yanceu...
cobain aja dulu sama ente,,heheh

@wahyu..
hem,, tararengkyu deh,,
hehe
yah walopun ga seberapa newton, tapi kan ga kan banyak nyeselnya,,,hehe

Rachavidya mengatakan...

sense-nya blm terasah mungkin,,, btw, karin, tukeran link yah